Friday, 27 September 2013

Cara menggabungkan partisi hardisk pada win 7


Posting ini menjawab pertanyaan pemberi komentar pada posting saya sebelumnya tentang cara partisi hardisk di win7 Intinya adalah kalau pada posting terdahulu saya bahas membagi hardisk misal semula
dua partisi, menjadi tiga, empat, dst. Maka kali ini cara menggabungkan partisi, misal hardisk anda C, D, E, F, G, H, I...dst, akan digabung menjadi C, D, E saja.
Entah apa tujuan anda, berikut langkah-langkahnya:
  1. Backup dulu data yang ada di partisi yang mau dimerger atau digabung. Tujuannya supaya data tidak hilang, atau terjadi "salah kamar" (istilah saya: tercecer tidak karuan dimana letaknya)
  2. Klik kanan computer pilih manage
  3. Pada jendela “computer management”, pilih storage kemudian pilih disk management. Disebelah kanan jendela tampak sederetan partisi yang telah ada
  4. Klik kanan partisi yang mau di merger atau digabung (klik satu drive, jadi disini satu- satu), pilih delete volume. (dimaksudkan untuk menjadikan partisi tadi menjadi free space)
  5. Muncul konfirmasi delete volume. Jika data anda sudah di backup, maka pilih saja [yes], kalau belum klik [no] kemudian backup dulu data anda. Dan ulangi lagi langkah-langkahnya. (tadi kan udah saya suruh backup. he he)
  6. partisi yang mau di merger atau digabung sudah menjadi free space.
  7. Pilih partisi yang akan ditambah volumenya( nah disini, pilih drive yang lain), kemudian klik kanan dan pilih [extend volume].
  8. Muncul wizard extend volume, klik [next].
  9. Disini atur volume free space yang mau ditambahkan. menunjukkan semua free space ditambahkan. jika sudah klik [next]
  10. klik [finish].
  11. partisi telah digabung, lihat volumenya... sudah bertambah kan? menyesuaikan dengan volume yang digabung tadi. gitu, semoga pertnyaan pemberi komentar terjawab.

Trimakasih kunjungannya.
There was an error in this gadget