Friday, 27 September 2013

Cara Update BIOS Laptop atau Komputer

Klik Untuk Memperbesar

Artikel kali ini berbagi cara update bios, karena banyak user yang kebingungan untuk mengupdate BIOS ( BIOS Motherboard ) mereka melalui DOS Kesulitan karena DOS biasanya dibuat dalam Floppy disk ( disket ), sedangkan sekarang disket sudah sangat sulit ditemukan. BIOS atau Basic Input / Output System merupakan software pertama saat Komputer atau Laptop sobat dinyalakan. BIOS inilah yang pertama kali akan mendata setiap hardware yang ada di Laptop / Komputer sobat, sehingga Sistem Operasinya bisa mempergunakan hardware tersebut. Karena posisinya sangat vital, proses Update BIOS sobat untuk Meningkatkan kinerja laptop / komputer :
..:: Cara Update Bios 1 ::..
  1. Cek versi BIOS Laptop - Langkah pertama yang mesti dilakukan sebelum proses update BIOS adalah cek versi BIOS Laptop sobat saat ini. sobat bisa memasukan perintah “msinfo32” tanpa tanda kutip pada search bar di Windows 7/Vista atau pada menu RUN di Windows XP.
  2. Cek versi BIOS terbaru di vendor Motherboard – Vendor Motherboard biasanya selalu menyediakan update untuk BIOS-nya langkah selanjutnya adalah cek versi terbaru BIOS di vendor motherboard.
  3. File Read Me - Setiap vendor mempunyai cara dan teknik berbeda dalam proses update BIOS, karena itu baca secara teliti file Read Me yang disediakan oleh vendor motherboard tersebut.
  4. Saat ini proses Update BIOS dilakukan dengan cara yang lebih mudah, sobat tinggal download Update BIOS terbaru dalam bentuk file .exe, tutup semua program yang sedang berjalan kemudian double klik file .exe tersebut, reboot dan tunggulah sampai proses update berjalan. Jika proses update TERHENTI, maka bisa dipastikan komputer / Laptop sobat tidak akan bisa booting, karena itu pastikan power di Laptop dalam posisi full atau bahkan gunakanlah Uninterruptible Power Supply ( UPS ) untuk mencegah jika tiba - tiba mati lampu.

..:: Cara Update Bios 2 ::..
Cara Update Bios Ke 2 kita akan mengupdate BIOS AWARD dengan DOS mode, tapi tidak dengan Disket, melainkan dengan USB Flashdisk :
  1. Pertama Siapkan Hardware USB Flashdisk ( ukuran terserah ).
  2. Persiapan Software :

     3. Install HP Format USB dan Jalankan software HP Format USB.
     4. Download file MS Dos File System.
     5. Extract dan taruh filenya di tempat dimana saja.
     6. Jalankan software HP Format USB Utility.
     7. Format USB sobat dan centang "Create a DOS startup disk" serta centang "using DOS system Files
        located at" dan arahkan file msdos system files yang terdapat di folder tempat sobat menyimpan.
     8. Konfiguras padai HP USB Format tool untuk membuat USB Bootable Disk dengan DOS dan Klik               Start jika sudah siap. Tunggu proses selesai.
      9. Copy File updatean bios yg berupa .zip ke dalam flashdisk. Extract file .zip tersebut.
      10 .Catat / hapalkan nama file berextensi ".BAT", karena dibutuhkan untuk diketik dalam DOS mode.
      11. USB siap digunakan untuk booting, Pasang USB Flashdisk yg telah siap booting sebelum komputer              dihidupkan.
      12. Masuk ke Bios dengan menekan "DEL" ketika computer baru dinyalakan.
      13. Masuk ke menu "Advance BIOS Feature"..
      14. Pilih "Hardisk boot priority", lalu jadikan Flashdisk sobat boot prioritas no. 1 dgn tombol '+' atau '-'               pd keyboard.
       15. Simpan konfigurasi BIOS ini dgn menekan tombol 'F10', lalu tekan 'Y' ( Yes ), lalu enter.
       16. Komputer restart biarkan hingga masuk ke DOS Operating System.
       17. Setelah sobat masuk ke dalam DOS ( command prompt seperti A:\> ), ketikkan nama file ".BAT"                 tadi. misal: "HA0307.BAT" lalu tekan enter.
      18. AWARD Bios Flasher akan muncul, tekan enter jika diminta konfirmasi nama file bios yg akan di                 eksekusi. Tunggu hingga proses update selesai ( sekitar 5 menit )
       19. Setelah update selesai, sobat akan diminta konfirmasi untuk merestart dengan menekan Enter.
       20. PC akan merestart, PC sobat siap digunakan dengan bios yang baru. jangan lupa mengembalikan                  Booting Device ke hardisk.

Proses Update BIOS Adalah Langkah yang sangat beresiko, karena itu lakukan proses update ini dengan hati-hati. Jangan sekali - kali melakukan proses update BIOS jika sobat sendiri tidak yakin dan tidak siap dengan resiko yang mungkin terjadi jika terjadi kegagalan dalam proses update ini, semoga

Cara Update Bios Motherboard ini bisa bermanfaat buat sobat.
Source : kolombloggratis.blogspot.com/2011/03/cara-update-bios-laptop-atau-komputer.html
There was an error in this gadget