Sunday, 29 September 2013

Karbon Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-hari


    Ada banyak karbon yang berbeda menggunakan dalam kehidupan sehari-hari dan elemen ini telah digunakan oleh manusia sejak jaman dahulu. Baca terus untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan karbon dan sifat …
Karbon merupakan unsur yang ditemukan dalam jumlah besar di kerak bumi. Hal ini ditemukan dalam kelompok 14 dari tabel periodik dan memiliki nomor atom 6. Karbon, yang non logam di alam, adalah 4 elemen yang paling melimpah di alam semesta dan 15 elemen yang paling melimpah di kerak bumi. Nama ‘karbon’ berasal dari carbo kata Latin yang berarti batu bara atau arang. Meskipun karbon hadir selama berabad-abad dalam bentuk jelaga dan arang, itu hanya pada tahun 1772 bahwa penggunaan sebenarnya, yang masih pikir dalam menggunakan karbon dalam kehidupan sehari-hari, ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis terkemuka Rene Antoine de Ferchault Raumur.
Sumber utama karbon adalah deposito batubara yang terkubur jauh di dalam bumi. Ada tiga alotrop karbon, yaitu grafit, berlian dan karbon amorf. Karbon adalah unsur yang sangat stabil yang dapat menggabungkan dengan hampir semua unsur lainnya untuk membentuk sejumlah senyawa yang berguna. Organik kimia, cabang kimia telah didedikasikan untuk studi tentang sifat dan penggunaan karbon, sebagai elemen kimia dan dalam bentuk majemuk.

1. Penggunaan karbon dalam Kehidupan Sehari-hari
Ada banyak kegunaan terbatas karbon dalam bentuk unsurnya. Tapi setelah menggabungkan dengan unsur lain, berubah dirinya menjadi zat yang berguna untuk berbagai hal.
Karbon digunakan sebagai dasar untuk tinta printer inkjet.
Karbon, dalam bentuk karbon dioksida, digunakan dalam pembuatan banyak minuman bersoda dan berkarbonasi. Hal ini juga digunakan dalam alat pemadam kebakaran.
Es kering, yang merupakan bentuk padat karbon dioksida, digunakan sebagai zat pendingin.
Freon, digunakan dalam sistem pendingin dan perangkat seperti kulkas dan AC.
Karbon juga digunakan untuk memproduksi banyak perangkat tahan panas dan alat-alat dan pemotong logam.
Hal ini digunakan sebagai alat dekoratif dalam banyak item perhiasan.
Karbon monoksida, diekstraksi melalui proses metalurgi, digunakan sebagai reduktor untuk mendapatkan banyak unsur dan senyawa.
Vegetal karbon, yang merupakan bentuk amorf karbon, digunakan sebagai agen pemutihan dan gas penyerap.
Karbon digunakan dalam pelek mobil sebagai pigmen asap hitam.
Kalsium karbida digunakan sebagai agen las untuk memotong logam, dalam penyusunan asetilena dan senyawa organik lainnya.

2. Beberapa kegunaan lain dari karbon tergantung pada bentuk mereka adalah:
Graphite: Grafit adalah salah satu zat paling lembut dan merupakan alotrop karbon. Ada banyak kegunaan industri grafit, seperti dalam bentuk kokas, yang digunakan dalam produksi baja, sebagai pelumas untuk mesin dan mesin dan sebagai bahan menulis, dalam bentuk timbal untuk pensil.
Diamond: Diamond, yang merupakan alotrop karbon lain, adalah substansi yang paling sulit dikenal dikenal manusia. Berlian secara komersial digunakan untuk membuat perhiasan. Karena batuan kristal jarang terjadi di alam, berlian sangat berharga. Selain perhiasan, berlian juga digunakan untuk membuat instrumen pemotong karena kekerasan mereka.
Carbon Dating: Ini adalah metode yang digunakan untuk menentukan umur fosil akurat dan mineral yang telah ditemukan terkubur selama berabad-abad di kerak bumi. Ada banyak isotop karbon yang digunakan untuk tujuan ini, isotop radioaktif utama menjadi karbon -14. Alasan utama mengapa karbon dipilih untuk teknik ini adalah kenyataan bahwa kehidupan didasarkan pada berbagai senyawa karbon dan memiliki isotop radioaktif, yang membuatnya mudah untuk menentukan umur fosil.
Karbon di Tubuh: Tubuh manusia mengandung sejumlah besar unsur ini yang digunakan untuk berbagai fungsi. Karbon merupakan makronutrien dan hadir di setiap bagian tubuh. Karbon dioksida dalam darah memainkan peran penting dalam tubuh karena membantu dalam mempertahankan pH darah.


Karbon merupakan elemen penting yang memiliki banyak manfaat baik untuk keperluan industri dan sebagai blok bangunan dasar dari tubuh manusia, yang tanpanya, hidup tidak lengkap.
There was an error in this gadget