Sunday, 29 September 2013

Laporan Penyakit Manusia


Penyakit merupakan proses fisik atau mental yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi tidak normal. Manusia merupakan makhluk yang rentan terhadap serangan berbagai penyakit dan semua manusia pasti pernah terkena suatu penyakit. Penyakit itu muncul disebabkan karena lemahnya pertahanan tubuh manusia. Tubuh manusia disebut berpenyakit apabila ada bagian tubuh yang tidak menjalankan fungsinya dengan benar. Penyakit manusia secara garis besar terbagi menjadi dua macam yaitu penyakit jasmani dan penyakit rohani.
Penyakit jasmani merupakan penyakit badan, penyakit yang tampak dan dapat kita rasakan yang menyerang tubuh manusia. Penyakit jasmani dapat menyerang bagian atau organ apa saja dari tubuh manusia.  Penyakit jasmani hanya dapat dirasakan oleh diri sendiri sedangkan orang lain tidak mampu merasakan. Penyakit jasmani dapat disembuhkan oleh dokter dan dapat dengan mudah dideteksi dengan bantuan medis dan juga sudah tersedia berbagai macam obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit jasmani. Umumnya faktor penyebab penyakit jasmani ada tiga Yaitu  Faktor Pola hidup yang tidak sehat, Faktor keturunan (genetika) dan Faktor Mikroorganisme. Contoh penyakit jasmani yaitu influenza, batuk, tumor, kanker, dan radang. Influenza dan batuk digolongkan ke dalam penyakit jasmani ringan, sedangkan tumor dan kanker digolongkan ke dalam penyakit jasmani berat.
Kanker tergolong penyakit berbahaya dan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi. Kanker dapat menyebabkan gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan kanker tersebut. Sel kanker bermula dari sel tubuh yang tidak normal, yang kemudian menjalar ke seluruh tubuh secara cepat. Kanker menyerang organ-organ vital seperti paru-paru, kulit, perut, hati dan otak.

Selanjutnya, Penyakit rohani yaitu merupakan penyakit berupa sifat buruk dan merusak dalam batin manusia yang mengganggu kebagiaan dan cenderung mendorong seseorang melakukan perbuatan buruk dan merusak. Berbeda dengan penyakit jasmani yang merasakan dampak dari penyakit rohani adalah orang lain bukan diri sendiri. Dalam kenyataan kehidupan manusia, soal sakit jasmani, dijadikan persoalan yang amat besar. Tetapi untuk penyakit rohani, boleh dikata belum ada usaha yang nyata, bahkan seperti tidak dihiraukan. Padahal akibat dari penyakit rohani lebih berbahaya daripada penyakit jasmani, yaitu mengganggu kebahagiaan pribadi dan masyarakat serta dunia dan akhirat. Penyebab dari penyakit rohani ialah Nafsu, Godaan Syetan, dan pengaruh dari Orang kafir. Penyakit Rohani hanya dapat diobati oleh diri sendiri dengan cara Beragama/beriman, bertobat, Sadar dan Beribadah serta beramal saleh. Contoh Penyakit Rohani yaitu Munafik, Hasad (iri hati), Mubazir, Egois, Takabur, Sombong dan Kikir serta rakus.
There was an error in this gadget