Friday, 27 September 2013

Membuat Papercraft


Membuat papercraft itu gampang gampang susah, yang penting adalah ketekunan dan kreatifitas. Banyak panduan yang bisa kita dapatkan dari internet. Ini sedikit panduan dari berbagai sumber yang sudah saya rangkum, semoga bisa membantu dan mudah dipahami.

Untuk membuat papercraft yang sangat diperlukan pertama kali adalah pola. Jika kita ingin membuat pola sendiri maka kita perlu program 3d. Disini kita perlu menguasai cara mengoprasikan program 3d tersebut. Untuk mendownload program 3d silahkan klik disini. Setelah jadi hasil dari program 3d tersebut kta rubah menjadi file Pdo, untuk itu kita perlu program pengkonvert, salah satunya adalah Pepakura Designer. Silahkan download disini gratis.

Namun jika kalian tidak menguasai program 3d dan malas untuk belajar,hehehe, kita bisa dapatkan pola dengan cara mendownload di situs2 penyedia pola papercraft, gratis tanpa membayar. Selain bisa mendownload pola kita juga bisa mendownload instruksi perakitannya. Biasanya bentuk filenya Pdf, jpeg, atau bmp. Ada juga file yang berbentuk Pdo, Jika file berbentuk Pdo maka kita memerlukan program pepakura viewer untuk bisa membukanya.
Untuk mendapatkan program pepakura viewer bisa silahkan klik disini, gratis.

Nah setelah memiliki pola selanjutnya pola tersebut kita print. Penggunaan kertas bisa sesuai selera dan kebutuhan, namun yang baik menggunakan kertas dengan berat minimal 80 gram. Selain kertas bahan dan alat yang diperlukan adalah


  • Alat pemotong, digunakan untuk memotong pola yang sudah kita cetak tadi. Kita bisa menggunakan gunting atau cutter. Cutter baik untuk memotong bidang yang lurus dan panjang.
  • Penggaris, digunakan untuk membuat lipatan yang panjang dan tegas. Penggaris akan memudahkan pekerjaan kita. Penggunaan penggaris besi sangat membantu.
  • Pensil atau benda lain yang berbentuk silinder, digunakan untuk membuat bagian yang harus dilipat melengkung/halus dan bentuk bentuk silinder.
  • Pinset/tusuk gigi, digunakan untuk menempel dan mengelem bagian bagian yang kecil dan sulit dijangkau tangan.
  • Lem, digunakan untuk menyambung bagian bagian dari pola. Gunakan lem kertas yang cepat kering. Jangan menggunakan nasi ya….
  • Sarung tangan, gunakan jika kalian merasa tangan kalian basah dan berkeringat banyak, untuk menghindari lunturnya tinta dan basahnya kertas.
  • Hairdryer/kipas angin, untuk mempercepat proses pengeringan lem.
  • Clear Phylox, digunakan untuk melapisi papercraft agar tahan terhadap air dan tampak lebih kaku dan kuat.
Bahan lain yang kalian anggap bisa mempercantik atau memperindah papercraft kalian.

Silahkan berkreasi dan mewujudkan ide ide kalian…….

Situs situs penyedia pola:

http://www.paperinside.com/download/1006/
http://www.yamaha-motor.co.jp/global/entertainment/papercraft/
http://cp.c-ij.com/english/3D-papercraft/
http://www.trainweb.org/tgvpages/papermodels.html#top
http://www.wombat.zaq.ne.jp/fare/steak.html
http://www.currell.net/models/mod_free.htm
http://www.cardmodelers.org/index.html
http://www.ss42.com/toys.html
http://www.artofprogramming.net/resources/paper_craft.html
http://www.origamipapercraft.com/
http://www.papercraft-world.blogspot.com/
http://papercraftparadise.blogspot.com/
http://www.papercraftx.com/


There was an error in this gadget