Friday, 27 September 2013

Profil Negara Jerman


  1. Profil Negara

          Jerman adalah negara industri yang terkaya di Eropa dengan jumlah penduduk yang paling banyak. Jerman juga memegang peran sangat penting dalam segala bidang di Eropa. Baik dalam hal perekonomian, politik, pertahanan benua maupun dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Jerman sebagai negara yang mengalami kerusakan total yang memporakporandakan semua sistemnya setalah Prang Dunia II mampu bangkit, menata ulang dan membangun kembali potensi dan kemajuan negerinya. Pada akhir Perang Dunia II Jerman terbagi menjadi dua, Jerman Barat dan Jerman Timur. Pada tahun 1990 Jemran bersatu kembali dan secara resmi terbentuklah Republik Federal Jerman, negara Jerman yang sekarang kita kenal.

    2.   Geografi
            Secara geografis letak Jerman di Eropa sangat strategis. Terletak pada 51 LU dan 9 BT, Jerman berada tepat di jantung benua Eropa. Berbatasan dengan 9 negara tetangga, antara lain: Denmark di utara, Belanda, Luksemburg, dan Prancis di barat, Swiss dan Austria di sebelah selatan, serta Polandia dan Republik Cheko di timur. Di sebelah utara Jerman juga berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara. Dapat kita lihat lebih jelas pada peta di bawah.
Luas keseluruhan negara Republik Federal Jerman sekitar 357.021 km2 dengan panjang daerah perbatasan sekitar 3.758 km dan panjang pantai 2.389 km. Jika kita bandingkan dengan pulau atau daerah di Indonesia kita-kira Republik Federal Jerman hampir sama dengan tiga perempat luas pulau Sumatera.
Dari perbatasan utara sampai ke selatan, daerah pegunungan Alpen, Jerman terbagi secara topografis menjadi 5 bentang alam; dataran utara Jerman, kawasan tengah pegunungan bergelombang, kawasan pegunungan bertingkat di bagian barat daya, kawasan kaki pegunungan Alpen di selatan dan kawasan pegunungan Alpen Bayern.

     3. Iklim (Klima)
        Dengan kondisi bentang alam yang berbeda, menyebabkan cuaca di Jerman untuk masing-masing daerah sangat bervariasi dan tidak sama. Jerman termasuk pada daerah beriklim sedang, dengan frekuensi perubahan cuaca yang tinggi. Hujan turun di sepanjang tahun dengan intensitas yang berbeda-beda.
Suhu rata-rata pada bulan Januari di daerah dataran utara antara 1,5° - 0,5°C, dan dareah pegunugan berkisar sampai – 6°C, sementara suhu pada bulan Juli di daerah dataran utara sekitar 17° - 18°C. Temperatur rata-rata tahunan berkisar pada 9°C. 
There was an error in this gadget