Friday, 1 November 2013

Cara memahami Cerita Pendek (Cerpen)


Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa, yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan dan menyenangkan, dan mengandung pesan yang tidak mudah dilupakan. Penggunaan kata-kata atau kalimat dalam cerpen harus dapat memberikan suatu efek perasaan kepada pembacanya (sedih, gembira, takut, dan sebagainya).

Sebuah karya sastra, baik cerpen maupun novel memiliki unsur-unsur yang membangun karya sastra tersebut. Unsur-unsur itu meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik. Biasanya ketika membaca cerpen, kita sulit untuk memahami apa sebenarnya isi cerpen yang kita baca. Maka dari itu berikut adalah langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam memahami isi cerita pendek :
  1. Pertama, cobalah untuk membaca cerita pendek tersebut secara berulang kali
  2. Kedua, cerpen harus dibaca dengan penafsiran yang tepat.
  3. Ketiga, cobalah untuk mencari arti kata yang sulit dimengerti.
  4. Keempat, cobalah membuat ringkasan singkat
  5. Kelima, cobalah memahami konflik yang terjadi dalam cerpen
  6. Keenam, tentukan dan pahami tema dari cerpen
  7. Ketujuh, bacalah cerpen dengan seksama dan penuh konsentrasi dan juga pilihlah tempat yang nyaman untuk membaca cerpen tersebut.
Semoga post dari saya dapat membantu anda semua.. 
Langkah-langkah memahami cerita pendek

       Maaf ya kalo diblog saya ini gak bisa copas soalnya banyak blogger yang kerjaannya cuman copy paste blog orang... Jadi kalo agan butuh postingan saya ini untuk ngerjain tuga sekolah.. bisa download disini



There was an error in this gadget